Selasa, 27 September 2011

Kawanan besar serengeti ( wildebeest , Zebra, Rusa ) dalam jumlah ribuan melakukan migrasi besar besaran untuk mencari rumput yang lebih hijau dan segar . Koridor selatan gurun Serengeti... kawanan besar akan mengikuti rute tetap menuju ke selatan... tak ada jalan lain.

Satwa liar bergerak terus untuk mencari air
Dalam bahasa suku Maasai yang adalah suku semi-nomaden di wilayah timur benua Afrika, kata "siringet" berarti dataran luas. Wilayah luas yang dipenuhi dengan tanaman rumput itu merupakan panggung bagi pergerakan hewan besar terakhir di dunia. Migrasi tak henti-hentinya dari satwa liar itu dilihat sebagai salah satu aspek yang membuat Serengeti sangat ternama. Instink bergerak hewan yang dilindungi itu sudah sangat tua. Musim kering yang buruk atau pun buaya yang memenuhi sungai, tidak dapat menghalang naluri hewan-hewan itu untuk berpindah tempat. Sekitar 1, 2 juta rusa sapi berekor putih dan ratusan ribu zebra bergerak mengarungi wilayah Taman Nasional Serengeti untuk mencari rerumputan dan air. Jika musim hujan tiba pada bulan November, kawanan hewan memenuhi dataran untuk melahap rumput segar.
Dalam waktu tiga minggu, sekitar setengah juta anak satwa dilahirkan. Jumlah sebanyak itu tidak akan dapat dimakan habis oleh sekitar 3. 000 predator atau pemangsa seperti singa dan 7. 000 anjing hyena.
‚ÄěJika hewan-hewan muda berusia tiga bulan, di dataran itu tidak lagi turun hujan dan air menjadi asin. Kawanan rusa sapi kemudian bergerak ke barat, menuju kawasan di mana hujan turun. Bila di situ musim hujan berhenti, mereka pindah tempat lagi dan bergerak jauh ke utara melewati perbatasan dan masuk ke Kenya. Di sana, di dekat sungai Mara di wilayah perbatasan antara Kenya dan Tanzania, hewan.-hewan menetap sementara selama musim kering."
Demikian dituturkan Markus Borner, koordinator program Afrika dari Organisasi Margasatwa di Frankfurt. Selama pengembaraannya, kawanan rusa sapi itu bertemu dengan antilop yang juga sekerabat dengan rusa, dan mereka juga bertemu kijang, zebra, gajah, kuda nil yang tak terhitung jumlahnya. Selain itu binatang-binatang tersebut juga berjumpa dengan sekitar 120. 000 wisatawan. Serengeti adalah simbol untuk kehidupan di alam bebas. Namun, Taman Nasional yang merupakan salah satu tempat tersohor bagi binatang liar di dunia itu, tampaknya terancam.
http://www.dw-world.de


0 Comments:

Posting Komentar

<< Home